Rabu, 05 Oktober 2011

Kriteria Tambang Bidikan Semen Gresik

,
Aktivitas tambang batu bara (REUTERS/David Stanway)
BERITA TERKAIT
  • Langkah Semen Gresik Antisipasi Krisis
  • Akuisisi Batubara, Semen Gresik Siapkan Rp1 T
  • Semen Gresik Incar Tambang Batu Bara
  • Anak Usaha Semen Gresik Hentikan Ekspor
  • Semen Padang Yakin Produksi Tak Terganggu

VIVAnews - PT Semen Gresik Tbk menegaskan keseriusannya untuk mengakuisisi perusahaan pemilik kuasa pertambangan (KP) batu bara di Tanah Air. Dengan anggaran internal sebesar Rp500 miliar, perusahaan berharap bisa menambah pasokan batu bara dengan kandungan 5.000 kalori.

Namun, hingga kini, Semen Gresik mengaku belum menemukan perusahaan yang cocok untuk diakuisisi.

"Sekarang masih mencari-cari sumbernya, dan kalau ada yang menawarkan kami akan lakukan survei. Jadi, belum ketemu yang cocok," kata Direktur Utama Semen Gresik, Dwi Soetjipto kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2011.

Dwi mengatakan, dalam mengakuisisi perusahaan tambang batu bara itu, perusahaan telah menetapkan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria yang diminta itu adalah kualitas batu bara sesuai kebutuhan perusahaan. Kualitas tersebut selanjutnya harus beriringan dengan cadangan batu bara yang dimiliki KP tersebut.

Kriteria selanjutnya yang diminta oleh Semen Gresok adalah perusahaan harus sudah bisa memperhitungkan risiko dari KP batu bara yang akan dibeli. Maksudnya, KP tersebut setidaknya sudah beroperasi sedikit demi sedikit.

"Yang kami cari, sudah mulai dibuka tambang, meskipun sedikit," kata Dwi.

Alasan itu dipilih karena perusahaan menganggap KP batu bara yang belum digarap akan membuat proses eksplorasi yang lebih lama lagi. "Kalau misalnya masih buta dan masih bentuknya hutan, kan nggak kelihatan," kata dia.

Kebutuhan Semen Gresik untuk mengakuisisi KP batu bara memang cukup mendesak. Alasannya, perseroan berharap bisa memasok sekitar 10 persen kebutuhan batu bara dari perusahan yang akan diakuisisinya.

Semen Gresik mencatat kebutuhan batu bara untuk kelompok usaha Semen Gresik diperkirakan mencapai 3 juta ton. Total kebutuhan tersebut ditaksir akan bertambah menjadi 4 juta ton jika perusahaan memiliki satu pabrik baru lagi.

Bahkan, kebutuhan konsumsi batu bara pada tahun-tahun berikutnya diperkirakan terus meningkat di atas 6,5 juta ton per tahun mulai 2015. Lonjakan kebutuhan batu bara itu seiring peningkatan kapasitas terpasang perseroan yang ditargetkan mendekati 30 juta ton semen per tahun. (art)

0 komentar to “Kriteria Tambang Bidikan Semen Gresik”

Posting Komentar

Popular posts

 

Promosi Bisnis | Iklan Bisnis Anda Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger